SELAMAT DATANG DI PORTAL DARI MAHASISWA AWAK UNTUK INDONESIA                                                           DAPATKAN BERBAGAI TULISAN DAN OPINI TENTANG ISLAM, MINANGKABAU, NASIONAL DAN INTERNASIONAL, DUNIA MAHASISWA DAN YANG LAINNYA DI SINI                                                                                                                     

Jejaring Sosial Buatan Putra Minang Siap Menggeser Facebook


04.35 |


Siapa yang tidak mengenal Facebook? Kebanyakan orang telah akrab dengan situs pertemanan tersebut, dari  usia anak-anak sampai dewasa. Bahkan ada yang menganggap ketinggalan jaman kalau tidak memiliki akun di sana. Tidak ada salahnya jika orang-orang menggunakan Facebook, namun alangkah sayangnya jika situs pertemanan yang digunakan bukan merupakan produk asli Indonesia mengingat Indonesia memiliki potensi pangsa pasar yang besar. Itulah yang menjadi salah satu motivasi bagi Dola Indra (25), putra Agam, Sumatera Barat untuk menciptakan Cybermoslem.net, sebuah situs pertemanan berbasis Islam. Selain juga karena sudah dengan situs jejaring sosial yang ada, untuk menyebarkan Islam dan untuk mendapatkan profit.

Konsep yang dipakai CMnet (sebutan untuk CyberMoslem.net) menggabungkan 2 konsep jejaring sosial raksasa saat ini, yaitu Facebook dan Twitter. Pengguna seolah-olah menngunakan Facebook, tapi dengan tampilan Twitter. Situs ini sengaja dilengkapi berbagai fasilitas-fasilitas seperti kabar berita, kabar foto, forum, read Al Qur'an dan lain-lain dengan tujuan untuk membuat pengguna lebih memilih CMnet dibanding yang lainnya.

Perkembangan situs yang dirilis sejak tanggal 1 Agustus 2010 ini  tidak main-main. Pasalnya tanggapan pengguna terhadap situs  ini cukup antusias. Tercatat  22 hari sejak setelah dirilis, situs ini sudah memiliki lebih kurang 3.700 akun pengguna dan telah dikunjungi hampir 6 juta kali. Namun, itu semua tidak hanya berasal dari Indonesia, akan tetapi juga dari negara-negara Amerika, Hongkong, Mesir, Kuwait dan beberapa negara Eropa. Bahkan telah menjadi headline di situs Kompasiana, sebuah blog yang dikelola Kompas.

Akan tetapi semua itu bukanlah dilalui mulus-mulus begitu saja, melainkan dengan kerja keras. Dola menyebutkan situsnya tersebut telah menjadi target bagi 5.000 hacker. Salah satu yang terparah terjadi pada tanggal 13 Agustus 2010. CMnet lumpuh hampir semalaman dikarenakan serangan DDos, sebuah serangan terhadap komputer atau server dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan Source (Sumber) agar tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan mencegah pengguna lain memperoleh akses dari server yang diserang tersebut.

Melihat hal tersebut bukan tidak mungkin apabila kedepannya CMnet dapat menggeser Facebook selaku penguasa situs pertemanan. Apabila CMnet mampu bertahan terhadap berbagai serangan-serangan yang datang dan mempu menarik lebih banyak pengguna, mungkin esok yang CMnet-lah yang sering didengar dibanding Facebook.



Comments
1 Comments

1 komentar:

afrialiliani mengatakan...

mantap uda..
lanjutkan.. :D

Posting Komentar

Followers