SELAMAT DATANG DI PORTAL DARI MAHASISWA AWAK UNTUK INDONESIA                                                           DAPATKAN BERBAGAI TULISAN DAN OPINI TENTANG ISLAM, MINANGKABAU, NASIONAL DAN INTERNASIONAL, DUNIA MAHASISWA DAN YANG LAINNYA DI SINI                                                                                                                     

Pendidikan Kompetitive melalui TENSAI (SMANTEN SCIENCE INVITATION)


10.14 | ,


Sudah tidak dapat dipungkiri lagi pendidikan adalah hal yang sangat dibutuhkan. Jika tidak ada pendidikan, mungkin pola pikir dari manusia akan kembali ke zaman purba dahulu. Namun pendidikan yang dimaksud bukanlah pendidikan yang hanya asal-asal. Perlu sebuah kualitas yang bagus dalam perwujudannya. Kualitas yang bagus salah satunya dibuktikan dengan adanya nuansa kompetitive atau persaingan yang sehat dalam pendidikan tersebut.


SMAN 10 Padang sebagai salah satu penyelenggara pendidikan telah berupaya mewujudkan hal tersebut. Salah satunya dengan mengadakan TENSAI (SMANTEN SCIENCE INVITAION) secara rutin tiap tahunnya. Dalam TENSAI, pelajar-pelajar dari berbagai tingkat sebagai objek dari pendidikan diberikan kesempatan untuk membuktikan kemampuannya kepada yang lainnya. Untuk membuat suasana yang kompetitive, pelajar-pelajar tersebut mengikuti TENSAI dengan membawa nama sekolah asal masing-masing. Selain itu, juga telah disiapkan hadiah bagi pemenang agar masing-masing dari mereka lebih termotivasi dan bersungguh-sungguh.


Suasana saat pendaftaran ulang

Tercatat sampai tahun 2012 ini, sudah 3 kali SMANTEN (Brand untuk SMAN 10 Padang) mengadakan TENSAI. Pada TENSAI 1th pesertanya ditujukan bagi pelajar tingkat SMA sederajat se-Sumatera Barat. Mata pelajaran yang diperlombakan adalah Sains (Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika) dan Ekonomi. Sedangkan pada TENSAI 2nd pesertanya pelajar tingkat SMA sederajat se-Sumatera Barat, SMP se-Sumatera Barat dan SD se-Kota Padang. Untuk SMA sederajat yang diperlombakan mencakup pada Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Kebumian, Astronomi, Ekonomi dan Komputer, untuk tingkat SMP sederajat Matematika, Fisika, Bilogi dan IPS dan untuk tingkat SD sederajat yaitu Matematika dan IPA. Dan pada TENSAI 3rd sama seperti TENSAI 2nd, hanya saja terdapat beberapa penambahan bidang yang diperlombakan yaitu pada tingkat SMA sederajat menjadi Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Kebumian, Astronomi, Ekonomi, Komputer, Desain Grafis dan Animasi. Selain itu juga ada lomba media pembelajaran berbasis IT untuk guru dari seluruh tingkat.

Adapun alasan kenapa adanya penambahan tersebut karena SMAN 10 Padang sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional telah berkomitmen untuk menjadikan ICT sebagai icon dasarnya. Hal itu juga telah didukung oleh berbagai pihak untuk menjalin kerjasama dalam bidang IT. Lebih jauh, SMAN 10 Padang sebagai pioner SMA-SMA di Sumatera Barat berharao dengan adanya TENSAI ini daya saing pendidikan  di Sumbar tidak hanya untuk di dalam saja, tetapi juga ke kancah Nasional bahkan Internasional,



Comments
1 Comments

1 komentar:

Brantas Pranata Nusa mengatakan...

sukses untuk acaranya!!

Posting Komentar

Followers