SELAMAT DATANG DI PORTAL DARI MAHASISWA AWAK UNTUK INDONESIA                                                           DAPATKAN BERBAGAI TULISAN DAN OPINI TENTANG ISLAM, MINANGKABAU, NASIONAL DAN INTERNASIONAL, DUNIA MAHASISWA DAN YANG LAINNYA DI SINI                                                                                                                     

ITS bersama ITB mendirikan dua Institut baru


00.16 | , ,


Lulusan sarjana teknik dan sains yang masih sedikit, yaitu 4 % dari target 10 %. Hal itulah yang mendorong Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Institut Teknologi Bandung (ITB)untuk mendirikan dua Institut baru yaitu Institut Teknologi Kalimantan dan Institut teknologi Sumatera. Untuk masalah di mana tepatnya lokasi dari dua Institut baru tersebut masih belum ada kepastian, tetapi untuk Institut Teknologi Kalimantan kandidat terkuatnya adalah di Propinsi Kalimantan Timur, sedangkan Institut Teknologi Sumatera adalah di Propinsi Sumatera Selatan.

Dipilihnya Kalimantan dan Sumatera sebagai lokasi dua Institut baru tersebut karena dinilai banyak SDM yang berkualitas terdapat di lokasi tersebut tetapi belum ada wadah yang dapat menampungnya. Setelah nanti keduanya berdiri diharapkan dapat menjadi Institut besar di Indonesia seperti ITS dan ITB. Dengan begitu, calon mahasiswa dari Kalimantan dan Sumatera tidak perlu susah-susah menyeberang ke pulau Jawa.

Awalnya pendirian dua Institut baru ini dikerjakan bersama-sama oleh ITS dan ITB yang berarti adanya pembagian kerja. Namun, karena pembagian kerja dinilai tidak efektif dan malah membuat susah, maka ditetapkanlah ITS fokus kepada pendirian Insttitut Teknologi Kalimantan, sedangkan ITB fokus kepada pendirian Institut Teknologi Sumatera. Adapun prosesnya dimulai dari uji kelayakan yang sudah dilakukan tahun sekarang, dilanjutkan dengan perencanaan pada tahun baru mendatang. Diharapkan pada tahun 2014 kedua Institut ini sudah bisa berjalan dan menerima mahasiswa barunya. Sedangkan jurusan atau bidang studi apa yang akan dibuka disesuaikan dengan kebutuhan dari daerahnya masing-masing.

Dari ITS sendiri, telah diadakan Forum Group Dicussion (FGD) yang diadakan di Balikpapan dan Samarinda. Di dalam FGD tersebut, tim Feassibility Study (FS) menyebutkan lokasi di Kalimantan Selatan yang paling cocok untuk dibangun Institut ini adalah di Balikpapan. Hal ini berdasarkan pertimbangan banyak faktor, diantaranya faktor budaya yang ada di sana, kebutuhan akan pendidikan, pertumbuhan penduduk, masyarakat usia produktif, kondisi sosial ekonomi masyarakat, ketersediaan dan kelayakan lahan, dan yang lainnya. Selain hal-hal tersebut, faktor yang juga diperhatikan adalah daerah mana yang belum terdapat perguruan tinggi negeri.

FGD sendiri juga menyebutkan ada 8 jurusan yang akan didirikan pada tahap awal, yaitu dalam bidang teknik terdiri dari industri, sipil, elektro dan mesin, dalam bidang sains terdiri dari matematika, fisika dan kimia. Masing-masing jurusan akan menerima 40 mahasiswa baru dengan dosen 6 orang.


Comments
7 Comments

7 komentar:

Wisnu Ninggrat mengatakan...

waaahhh...super sekaliiiiii

Aldo K. W mengatakan...

Aamiin.
semoga proyek ini cepat terrealisasi dan tidak dikorup.

far15 mengatakan...

hahaha... biar ITS ga jadi pelarian yang ga keterima ITB.
Coz setiap institut memiliki nilai plus yang beda.... keep blogging :)

Brantas Pranata Nusa mengatakan...

fakta lain yg menyatakan bahwa kita sudah kebanyakan sarjana IPS

wordqwordmu mengatakan...

kerenn... brarti nama its bakal ada 2.hahaha

dSilvamerci mengatakan...

nice info,, post more please :)

Bhiraesh mengatakan...

jaya its!!

Posting Komentar

Followers