SELAMAT DATANG DI PORTAL DARI MAHASISWA AWAK UNTUK INDONESIA                                                           DAPATKAN BERBAGAI TULISAN DAN OPINI TENTANG ISLAM, MINANGKABAU, NASIONAL DAN INTERNASIONAL, DUNIA MAHASISWA DAN YANG LAINNYA DI SINI                                                                                                                     

Kerajaan Pagaruyung, Kerajaan Emas Minangkabau


04.57 | ,


Sudah hal yang diketahui umum bahwa pada zaman dahulu Indonesia mempunyai sejumlah kerajaan-kerajaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari Kerajaan Samudera Pasai di Aceh sampai kepada Kerajaan Sekar Fak Fak di Papua. Di antara kerajaan-kerajaan tersebut yang memiliki kekuatan yang cukup kuat adalah Kerajaan Majapahit, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Demak. Namun, pernahkah anda mendengar bahwa sebenarnya masih ada kerajaan yang memiliki kekuatan yang tidak diragukan lagi, tapi anda sendiri jarang mendengarnya? Itulah yang terjadi pada Kerajaan Pagaruyung.

Kerajaan Pagaruyung adalah Kerajaan yang wilayah kekuasaannya meliputi Provinsi Sumatera Barat dan sekitarnya. Nama Pagaruyung diambill diambil dari daerah tempat kerajaan tersebut berada, yaitu daerah Pagaruyung. Kerajaan Pagaruyung didirikan oleh Adityawarman pada tahun 1347 seperti yang tertulis pada bagian belakang Archa Amoghapasa. Adityawarman adalah putra dari Mahesa Anabrang, yang merupakan panglima perang Kerajaan Sriwijaya dan Dara Jingga, putri dari Kerajaan Dharmasraya.

Adityawarman awalnya hanya merupakan seorang raja bawahan dari Kerajaan Majapahit yang bertugas untuk menguasai daerah-daerah di Sumatera. Namun, dalam perkembangannya Adityawarman berusaha untuk melepaskan diri. Setelah mengetahui hal tersebut, Kerajaan Majapahit mengutus bala tentara untuk menumpas Adityawarman dan terjadi peperangan di daerah Sibusuk, Padang. Konon daerah ini dinamakan Sibusuk karena banyak terdapat mayat akibat peperangan terssebut. Dan akhirnya tentara dari Adityawarman berhasil mengusir tentara dari Jawa tersebut.

Setelah masa Adityawarman, dilanjutkan oleh pemerintahan masa Ananggawarman. Pada masa pemerintahan kedua raja ini, Kerajaan Pagaruyung memasuki masa kejayaannya. terbukti dengan bertumbuh pesatnya kemakmuran masyarakat pada masa itu dan juga berkembangnya usaha pertanian rakyat secara significant. Selain itu, daerah Sumatera Barat juga sempat menjadi pusat pendulangan dan perdagangan emas. Adapun bukti dari keemasan Kerajaan Pagaruyung lainnya adalah berkembangnya jalinan kerjasama antara Kerajaan Pagaruyung dengan kerajaan-kerajaan lainnya, seperti Kerajaan Talu di Pasaman Barat, Kerajaan Kumpulan di Pasaman Timur, Kerajaan Panai di Padang Lawas dan puluhan kerajaan lainnya. Bahkan kerjasama itu tidak hanya terjalin dengan kerajaan-kerajaan yang ada di daerah Sumatera Barat semata, melainkan juga kepada Kerajaan di luar Sumatera Barat, seperti Kerajaan Seribu Dolok di Tapanuli, Kerajaan Gunung Sahilan di Riau, Kerajaan Lubuk Kepayang di Jambi, Kerajaan Sungai Limau di Bengkulu, Kerajaan Gowa Tallo di Sulawesi Selatan, Kerajaan Sumbawa dan Ternate dan juga Kerajaan Negeri Sembilan di Malaysia.

Pengaruh Hindu-Buddha pernah memasuki wilayah Kerajaan ini pada abad ke 13, namun kurang menghasilkan dampak yang begitu significant. Selain itu, Islam juga memasuki Kerajaan ini dan diterima dengan baik oleh masyarakatnya. Terbukti dengan agama yang mayoritas dipeluk oleh kebanyakan masyarakat di wilayah ini sampai sekarang adalah agama Islam dan terciptanya sebuah pepatah yang berbunyi "adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah", yang artinya adat berlandaskan pada syarak (agama), (agama berlandaskan kepada kitabullah (Al-Quran).

Kerajaan ini memasuki masa keruntuhannya sebelum perang paderi. Pada masa itu kaum adat di kawasan Pagaruyung (bangsawan) berhasil dibujuk Belanda dengan ketentuan Belanda akan menolong kaum adat untuk memerangi kaum Paderi, syaratnya Belanda mempunyai hak atas Pagaruyung tersebut.


Comments
4 Comments

4 komentar:

Adi Cipta Erlangga mengatakan...

Overall dah bagus sip2...
Visit my blog too, Ok?

The Science Medical Faculty mengatakan...

cakep cakep...

MILANISTI99 mengatakan...

nice posting bro :D
thx info gan..

tuedmaniac619 mengatakan...

nice post. untuk berwisata dengan rute bukittinggi-pagaruyung-sawah lunto silahkan klik di sini

Posting Komentar

Followers