SELAMAT DATANG DI PORTAL DARI MAHASISWA AWAK UNTUK INDONESIA                                                           DAPATKAN BERBAGAI TULISAN DAN OPINI TENTANG ISLAM, MINANGKABAU, NASIONAL DAN INTERNASIONAL, DUNIA MAHASISWA DAN YANG LAINNYA DI SINI                                                                                                                     

SMAN 10 Padang, Sekolah yang Mengutamakan Manajemen Mutu


23.23 |


Sekolah merupakan bagian terpenting untuk dapat terselenggaranya pendidikan. Tidak ada sekolah, maka otomatis jalannya pendidikan juga akan terhambat. Akan tetapi sekolah yang diharapkan bukanlah sekolah yang sekedar ada siswa dan guru semata, melainkan sekolah yang juga mempunyai mutu karena tanpa mutu yang bagus, tujuan dari sekolah sebagai tempat untuk mendidik tidak akan berjalan efektif. Hal itulah yang jadi pertimbangan SMAN 10 Padang untuk tetap menjaga kualitas mutunya.

Seluruh civitas akademika SMAN 10 Padang telah berupaya agar mutu tersebut dapat tercapai. Berbagai aturanpun telah dibuat sebagai instrumen untuk mempermudahnya, seperti aturan-aturan mengenai tata tertib kesiswaan, aturan-aturan yang ditujukan untuk para guru, aturan untuk komite sekolah maupun aturan tentang akademik dan non akademik.

Selain itu, sebagai wujud keseriusan untuk menciptakan mutu yang bagus, berbagai sarana dan prasaranapun telah dilengkapi. Tercatat ruang kepala sekolah 1 ruangan,ruang wakil kepala sekolah 1 ruangan, ruang administrasi 1 ruangan, ruang guru 1 ruangan dan ruang TRRC 1 ruangan. Selain itu, untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar, ada ruang PBM 23 kelas, ruang laboratorium IPA 2 kelas, ruang laboratorium komputer 2 kelas, ruang laboratorium agama 1 kelas ruang BK 1 ruangan dan pustaka 1 ruangan. Dan untuk menunjang kegiatan kesiswaan, terdapat ruangan khusus untuk OSIS (Organisasi Intra Sekolah) dan ruang PMR 1 ruangan. Agar civitas dapat tetap beribadah dengan nyaman walaupun dalam lingkungan sekolah, maka dibuatlah Masjid yang berada dalam lingkungan SMAN 10 Padang yang dinamakan Masjid Ar Raudah.

Walaupun berada di kawasan tengah kota yang notabene penuh akan pembanguan, sekolah yang merupakan Rintisan Bertaraf Internasional ini tidaklah melupakan aspek lingkungan yang ramah dan asri. Hal itu dikarenakan untuk menjaga mutu yang bagus tidak akan bisa tercapai jika situasi lingkungannya sendiri tidak bagus. Upaya tersebut diwujudkan salah satunya dengan dibuatkan taman-taman yang dimiliki oleh masing-masing kelas. Dan pada akhir semester akan dilakukan penilaian terhadap taman-taman kelas tersebut sehingga para siswa akan termotivasi untuk menciptakan suasana yang ramah lingkungan. Selain itu, juga telah dibuat kolam dan kawasan kebun sekolah untuk menunjang terciptanya suasana yang asri dan kawasan ramah lingkungan.

Namun, semua itu tidak akan ada gunanya apabila tidak ada output yang bagus yang merupakan bukti dari kesuksesan manajemen mutu tersebut. Hal itulah yang telah dipegang SMAN 10 Padang. terbukti SMAN 10 padang telah memperoleh banyak prestasi. Dari tahun ke tahun semakin prestasi demi prestasi yang didapatkan. Mulai dari siswa, guru, maupun dari keseluruhan pihak sekolah. SMAN 10 padang tercatat selalu mengirimkan utusan untuk berlaga ke tingkat nasional setiap tahunnya. Selain dari juara dan piagam yang didapat di tingkat provinsi ataupun kota. Prestasi itu tidak hanya dari bidang akademik saja, tapi juga bidang non akademik seperti musik, olahraga, karya tulis dan lainnya. Dari guru sendiri tidak kalah hebatnya, Tahun 2007, salah satu guru SMAN 10 Padang berhasil mencatatkan diri sebagai guru terbaik III tingkat Kota. Tahun 2008 juga berhasil memperoleh terbaik III tingkat Kota, tahun 2009 terbaik I, terbaik IV tingkat kota, terbaik IV tingkat Provinsi dan tahun 2011 terbaik III tingkat kota.

Berbagai prediket telah diraih SMAN 10 Padang, seperti Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, piloting Sekolah Berkarakter Pendidikan Bangsa, piloting Sekolah Bernuansa Surau dan saat ini sedang menuju kepada Sekolah yang Berbasis IT. Semua itu tidak akan terwujud jika tidak ada dukungan dari semua pihak seperti siswa, guru, komite, orang tua siswa maupun lingkungan sekitar.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Followers