SELAMAT DATANG DI PORTAL DARI MAHASISWA AWAK UNTUK INDONESIA                                                           DAPATKAN BERBAGAI TULISAN DAN OPINI TENTANG ISLAM, MINANGKABAU, NASIONAL DAN INTERNASIONAL, DUNIA MAHASISWA DAN YANG LAINNYA DI SINI                                                                                                                     

Android, Sebuah Fenomena Pasar Internasional


07.57 | , ,

Jika ada yang bertanya seberapa besarkah peminat pengguna smart phone di seluruh dunia kepada Android, dirasa bacaan ini cukup untuk memberikan jawabannya. Ya, Android telah membutikan kebisaannya dalam menarik hati banyak orang di seluruh dunia. Hal itu dibuktikan dari terus meningkatnya pengguna smart phone ini dari tahun ke tahun.

Data dari Gartner tentang penjualan smart phone ke pengguna akhir berdasarkan sistem operasi di seluruh dunia mencatat terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada penjualan Android, yaitu dari tahun 2009 sebanyak 6.798 unit menjadi 67.224 unit pada tahun 2010. Adapun pada tahun 2009 tersebut penjualan android adalah 3,9 % dari seluruh total penjualan smart phone berbagai sistem operasi dan pada tahun 2010 adalah 22,7 %. Bahkan jumlah tersebut hampir mengalahkan pesaing terbesarnya, yaitu symbian yang pada tahun 2009 sebesar 46,9 % atau 80.878 unit menjadi 37,6 % atau 111.567 % pada tahun 2010.

Data tersebut adalah data penjualan android dalam hitungan per tahun. Dalam hitungan per hari juga ada data yang menyatakan kesuksesan smart phone tersebut, yaitu jumlah aktivasi dari android yang mencapai 700 ribu unit per hari. Adapun cara penghitungan tersebut yaitu dengan cara menghitung tiap unit yang baru dibeli hanya sekali penghitungan dan aktivasi. Artinya jika sebuah android sudah dihubungkan dengan jaringan, maka sudah bisa dihitung sebagai 1 unit penjualan.

Fenomena tersebut terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena android merupakan OS (Operating System) yang bersifat Open Source sebagai salah satu daya tarik tersendiri dibanding pesaing-pesaing lainnya. Android mempunyai kemampuan software berbasis kode komputer yang mampu didistribusikan, sehingga programmer bisa membuat aplikasi terbaru, dengan kata lain apabila kita mampu melakukan programming maka kita bisa membuat aplikasi tersendiri untuk android kita. Selain itu juga terdapat Android market dimana terdapat ribuan aplikasi baik gratis maupun berbayar didalamnya.


Comments
2 Comments

2 komentar:

Rindang mengatakan...

wahh bener dho.. jadi pengen beli hape android xD

andi ard mengatakan...

benar-benar sgt fenomenal..
Android dalam sekejap bisa menguasai pasr dunia

Posting Komentar

Followers