SELAMAT DATANG DI PORTAL DARI MAHASISWA AWAK UNTUK INDONESIA                                                           DAPATKAN BERBAGAI TULISAN DAN OPINI TENTANG ISLAM, MINANGKABAU, NASIONAL DAN INTERNASIONAL, DUNIA MAHASISWA DAN YANG LAINNYA DI SINI                                                                                                                     

Jurusan Sistem Informasi ITS


12.42 | ,



Seberapa canggihnya suatu teknologi, tetap saja tidak akan bisa bermanfaat apabila tidak adanya suatu sistem yang dapat mendayagunakan teknologi tersebut. Sistem tersebutlah yang mengatur bagaimana kinerja dari suatu teknologi dihubungkan dengan teknologi lainnya. Hal itulah yang mendasari akan pentingnya Jurusan Sistem Informasi atau yang lebih dikenal dengan SI.

Sebenarnya jurusan SI masih dalam satu rumpun dengan jurusan Teknik Informatika (TC). Perbedaan yang terdapat antara keduanya yaitu Jurusan Sistem Informasi mempelajari tentang bagaimana management dari IT(Information Teknologi), sedangkan Teknik Informatika lebih fokus kepada Teknik Programming. Maka dari itu, Sistem Informasi juga bisa disebut sebagai jurusan yang komplit karena didalamnya terdapat Teknik Informatika dan Management.



Saat sekarang ini tercatat lulusan dari SI masih bisa dibilang sedikit. Hal itu berbanding terbalik dengan kebutuhan negara yang memerlukan banyak tenaga IT Management. Atas dasar itulah, sebagai Institut yang turut membangun bangsa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga membuka Jurusan SI terhitung dimulai sejak tahun 2001. Awalnya, sebagai Jurusan yang baru terbentuk, cita-cita yang pertama dari Sistem Informasi adalah agar dapat dikenal di kancah nasional. Dan kini, dengan motto "They built it, we make fortune from it" cita-cita selanjutnya yaitu meyakinkan internasional lulusan dari Jurusan SI ITS dapat bersaing baik dengan lulusan Teknik Informatika ataupun lulusan berbasis IT lainnya di seluruh Indonesia.

Karena SI merupakan jurusan management IT, maka mata kuliah yang dipelajari di SI ITS tidak lepas dari pemrograman dan keterampilan management. Di antaraya yaitu Algoritma dan Pemrograman, Matematika Diskrit, Keterampilan Interpersonal, Sistem Fungsional Bisnis dan lain-lain. Pada 2 tahun awal walaupun tidak semuanya, tapi mahasiswa akan lebih cenderung akan menghadapi mata kuliah yang identik dengan pemrograman. Dan 2 tahun selanjutnya mahasiswa akan banyak mendapatkan mata kuliah tentang management.

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Website Jurusan Sistem Informasi : http://si.its.ac.id/


Comments
2 Comments

2 komentar:

andi ard mengatakan...

Ayo maju terus pendidikan di Indonesia, jangan mau kalah dengan Maling Asia

Anam mengatakan...

bagi teman - teman yang bingung mencari refrensi tugas matakuliah sistem informasi,
makalah sistem informasi, praktikum. silahkan saja >>klik disini<< share berbagai hal yang berhubungan dengan
ilmu teknologi informasi dan komunikasi khususnya
seputar sistem informasi silahkan >>Klik Disini<<

Posting Komentar

Followers